KEBIJAKAN PELANGGARAN HAK KEKAYAAN

INTELEKTUAL LAZADA

 Lazada South East Asia Pte. Ltd dan afiliasi-afiliasinya (secara kolektif, “Lazada Group” “Lazada”, atau “kami”) menghormati seluruh hak kekayaan intelektual yang telah terdaftar. Kami menyikapi dengan serius dalam menghadapi klaim pelanggaran hak kekayaan intelektual pada platform e-commerce yang kami operasikan, termasuk www.lazada.co.th, www.lazada.com.my, www.lazada.co.id, www.lazada.vn, www.lazada.com.ph and www.lazada.sg, aplikasi-aplikasi seluler kami dan segala properti domain internet lainnnya yang dimiliki, dikendalikan atau dioperasikan oleh Lazada Group (secara kolektif disebut sebagai “Platform”). 

Pelanggaran hak-hak kekayaan intelektual oleh para pengguna Platform (“Pengguna”) sangat dilarang. Pengguna yang mengunggah konten, daftar produk-produk atau layanan-layanan, atau menggunakan Platform dengan cara apapun yang melanggar hak kekayaan intelektual akan dikenakan langkah-langkah sebagaimana dijabarkan di kebijakan-kebijakan Platform kami, termasuk namun tidak terbatas pada pengeluaran poin ketidakpatuhan, penangguhan akun Pengguna, pemberhentian permanen dari Platform dan/atau tindakan apapun yang dianggap perlu oleh kami, termasuk namun tidak terbatas pada inisiasi proses perdata atau pidana oleh Lazada secara independen atau bersama dengan pemilik-pemilik hak. 

A. Pelanggaran-Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual 

Jenis-jenis pelanggaran hak kekayaan intelektual yang dilarang pada Platform kami termasuk, namun tidak terbatas pada: 

I. Pengguna mendaftarkan produk-produkatau layanan-layanan palsu di Platform, termasuk: 

(1)Pengguna memberikan tanda atau tanda-tanda yang identik dengan merek dagang yang terdaftar, padasebuah produk atau layanan untuk menetapkan asal dari produk atau layanan tersebut, dan pemberian
tanda tersebut dilakukan tanpa persetujuan tersurat atau tersirat dari pemilik merek yang terdaftar, sehubungan dengan produk-produk atau layanan-layanan yang untuk mana merek dagangtersebut terdaftar, atau pada produk-produk atau layanan-layanan yang berhubungan erat dengan produk-produk atau layanan-layanan yang terdaftar; 

(2)Pengguna memberikan tanda atau tanda-tanda yang mirip dengan merek dagang yang terdaftar, padasebuah produk atau layanan untuk menetapkan asal dari produk atau layanan tersebut, tanpa persetujuan tersurat atau tersirat oleh pemilik merek dagang yang terdaftar tersebut, sehubungan dengan produk-produk atau layanan-layanan untuk mana merek dagang tersebut terdaftar atau pada
produk-produk atau layanan-layanan yang berhubungan erat dengan produk-produk atau layanan-layanan yang terdaftar, dan terdapat kemungkinan timbulnya kerancuan oleh sebagian masyarakat sehubungan dengan asal produk-produk atau layanan-layanan tersebut; 

(3)Pengguna membuat kembali, mengumumkan atau menyebarkan karya seni, literatur, musik atau dramatis (dramatic works) yang tunduk pada hak cipta, dan menawarkan karya-karya tersebut untuk dijual di Platform tanpa persetujuan tersurat atau tersirat oleh pemilik hak cipta; atau 

(4)Tindakan yang bersifat menipu atau menyesatkan oleh Pengguna sehubungan dengan produk atau layanan terdaftar (listing) di Platform atau tindakan apapun yang bertujuan untuk menghindari langkah-langkah anti-pemalsuan oleh Lazada Group. 

II.Konten yang Melanggar. Hal ini termasuk: 

(1)Pengguna membuat kembali karya seni, literatur, musik atau karya dramatis (dramatic works) yang tunduk pada hak cipta dan menggunakan karya-karya tersebut sebagai deskripsi produk-produk atau layanan-layanan di Platform, tanpa persetujuan tersurat atau tersirat oleh pemilik hak cipta; 

(2)Pengguna menggunakan tanda atau tanda-tanda sehubungan dengan penjabaran produk-produk atau layanan-layanan di Platform, dan tanda-tanda tersebut identik atau sangat mirip dengan sebuah merek dagang terdaftar, dan penggunaan tanda tersebut dilakukan tanpa persetujuan tersurat atau tersirat oleh pemilik merek dagang terdaftar, sehubungan dengan produk-produk atau layanan-layanan untuk mana merek dagang tersebut terdaftar dan terdapat kemungkinan timbulnya kerancuan oleh sebagian masyarakat sehubungandengan asal, dukungan atau keterkaitan produk-produkatau layanan-layanan dengan
merek dagang terdaftar; atau 

(3)Mempublikasikan deskripsi-deskripsi produk atau informasi lainnya yang menyesatkan atau merupakan pernyataan yang salah atas produk yang terdaftar untuk dijual.

III.Jenis-jenis pelanggaran kekayaan intelektual lain. Hal ini termasuk: 

Pelanggaran terhadap setiap jenis kekayaan intelektual lain yang diakui berdasarkan hukum negara dimana pemberitahuan pelanggaran tersebut disampaikan, termasuk, namun tidak terbatas pada, pelanggaran pada paten atau desain terdaftar, atau setiap jenis hak kekayaan intelektual lainnya yang diakui oleh hukum atau putusan pengadilan yang bersifat final oleh pengadilan tingkat akhir. 

B. Jenis Pemberitahuan-Pemberitahuan yang Tidak Diterima oleh Lazada 

I. Perjanjian Distribusi 

Kami menghormati hak-hak dari pemilik merek, produsen-produsen, perusahaan-perusahaan dagang dan/atau distributor dalam menandatangani perjanjian-perjanjian mengenai bagaimana produk-produk
mereka akan didistribusikan (seperti perjanjian distribusi eksklusif). Namun, pelanggaran-pelanggaran atas perjanjian-perjanjian tersebut bukan merupakan pelanggaran hak kekayaan intelektual. Sebagaimana pelaksanaan perjanjian-perjanjian terkait distribusi produk-produk adalah persoalan antara para pihak pada perjanjian-perjanjian tersebut, Lazada tidak membantu jenis tindakan penegakkan ini. 

II.Kesesuaian 

Lazada tidak melaksanakan pemberitahuan-pemberitahuan terkait pelanggaran yang meminta untuk menghapus atau mengubah pernyataan-pernyataan benar yang menunjukkan kesesuaian (compatibility) dengan produk dengan merek dagang. Apabila halaman detil produk telah menyatakan dengan jelas dan dengan sebenar-benarnya bahwa produk yang dijual pada halaman tersebut sesuai dengan produk bermerek dagang, Lazada tidak akan memproses pemberitahuan yang ditujukan terhadap penggunaan tanda dengan merek dagang. 

III.Yuridiksi 

Apabila Anda mengajukan pemberitahuan kepada Lazada atas pelanggaran merek dagang terdaftar, paten atau desain, merek dagang terdaftar, paten atau desain milik Anda tersebut harus terdaftar di negara dimana Anda mengajukan pemberitahuan pelanggaran. Lazada tidak akan menindaklanjuti pemberitahuan-pemberitahuan kekayaan intelektual terkait dengan merek dagang, desain atau paten yang terdaftar di negara-negara selain negara dimana penghapusan (takedown) dimintakan. Sebagai contoh, jika Anda adalah pemilik merek dagang yang hanya terdaftar di Thailand dan Anda mengajukan pemberitahuan melalui Platform IPP untuk menghapus sebuah daftar (listing) pada Platform di Singapura, maka pemberitahuan Anda tidak akan berhasil. 

IV.Impor Paralel 

Kecuali secara tegas dilarang oleh hukum negara dimana pemberitahuan kekayaan intelektual diajukan, Lazada tidak akan memproses pemberitahuan-pemberitahuan pelanggaran yang diberikan terhadap impor paralel atau produk pasar abu-abu (grey market products) di negara-negara
dimana Platform berada. 

C. Pengajuan Pemberitahuan-Pemberitahuan atas Pelanggaran-Pelanggaran Kekayaan Intelektual 

MOHON DICATAT: 

LAZADA SANGAT MEREKOMENDASIKAN UNTUK MENGGUNAKAN PLATFORM IPP DALAM MENGAJUKAN PEMBERITAHUAN-PEMBERITAHUAN PELANGGARAN KEKAYAAN INTELEKTUAL. 

Jika Anda menduga bahwa hak kekayaan intelektual Anda telah dilanggar oleh Pengguna, Anda dapat mengajukan pemberitahuan-pemberitahuan pelanggaran kepada kami dengan: 

(1)mendaftar sebuah akun di Platform IPP melalui https://ipp.alibabagroup.com/register.htm. Platform IPP mengizinkan kami untuk memproses pemberitahuan-pemberitahuan penghapusan Anda dengan cepat dan efektif, dan bagi Anda untuk memantau, melacak dan mengelola pemberitahuan-pemberitahuan pelanggaran Anda melalui akun Platform IPP; atau 

(2)mengajukan pemberitahuan-pemberitahuan pelanggaran melalui surat elektronik (e-mail) dengan alamat Trust@lazada.com. 

UNTUK MENGAJUKAN PEMBERITAHUAN PELANGGARAN KEKAYAAN INTELEKTUAL, ANDA HARUS MEMILIKI ATAU MEMEGANG LISENSI EKSKLUSIF, ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL YANG MERUPAKAN SUBYEK PEMBERITAHUAN PELANGGARAN ATAU MERUPAKAN AGEN DENGAN KUASA TERTULIS DAN DITANDATANGANI OLEH PEMILIK HAK ATAU PEMEGANG LISENSI EKSKLUSIF UNTUK MENGAJUKAN PEMBERITAHUAN ATAS NAMANYA. 

I. Pengajuan Pemberitahuan-Pemberitahuan Pelanggaran-Pelanggaran melalui Platform IPP 

Apabila Anda ingin mengajukan sebuah pemberitahuan pelanggaran atas hak-hak kekayaan intelektual melalui Platform IPP, Anda cukup membuat akun melaluihttps://ipp.alibabagroup.com/register.htm. 

Setelah Anda membuat akun, Anda dapat mengajukan pemberitahuan-pemberitahuan pelanggaran-pelanggaran pada Platform IPP. Mohon merujuk kepada Panduan Pengguna IPP untuk petunjuk-petunjuk langkah demi langkah mengenai bagaimana cara mengajukan pemberitahuan-pemberitahuan pelanggaran-pelanggaran kekayaan intelektual melalui Platform IPP. 

Setelah Anda mengajukan pemberitahuan pelanggaran melalui Platform IPP, Anda dapat memantau hasil pemberitahuan Anda melalui akun Platform IPP Anda. Anda juga dapat memperoleh akses untuk mengetahui tanggapan-tanggapan atas pemberitahuan dari Pengguna (apabila ada), mengajukan balasan atas tanggapan atas pemberitahuan dan menarik keluhan-keluhan melalui akun Platform IPP. 

Apabila kami menyetujui pemberitahuan pelanggaran Anda, kami akan menghapus daftar konten atau produk atau layanan dari Platform kami dan melakukan upaya yang sesuai terhadap Pengguna berdasarkan kebijakan kami. Upaya-upaya yang akan dilakukan terhadap Pengguna bersifat rahasia dan tidak dapat diungkapkan kepada pemilik-pemilik hak atau pihak ketiga. 

Apabila keluhan Anda tidak benar atau gagal, kami tidak akan menghapus daftar (-daftar) yang merupakan subjek pemberitahuan Anda dan tidak mengambil tindakan apapun terhadap Pengguna. Anda akan menerima pesan di Platform IPP yang memberitahukan penolakan, dan alasan penolakan, pemberitahuan Anda. 

II. Pengajuan Pemberitahuan-Pemberitahuan Pelanggaran-Pelanggaran melalui Trust@lazada.com 

Apabila Anda hendak mengajukan suatu pemberitahuan pelanggaran dengan mengirimkan melalui surat elektronik (e-mail) ke Trust@lazada.com, Anda harus menyampaikan informasi berikut ini melalui surat elektronik (e-mail) kepada Trust@lazada.com: 

(1) surat kuasa (atau yang sejenisnya) yang menunjukkan kemampuan Anda untuk mewakili pemilik hak dalam penegakkan hak kekayaan intelektual. 

(2) bukti yang dapat ditunjukkanatas kepemilikan, atau lisensi eksklusif atas, hak kekayaan intelektual di yuridiksi dimana keluhan tersebut diajukan (contoh: sertifikat merek dagang atau pencatatan hak cipta
di negara yang bersangkutan); 

(3) bukti jelas dan spesifik disertai alasan-alasan yang menjelaskan mengapa terdapat kemungkinan pelanggaran hak-hak kekayaan intelektual (IP), termasuk namun tidak terbatas pada bukti gambar, perbandingan bersebelahan atau bukti pemalsuan (laporan tes pembelian (test buy)); 

(4) tabel berikut ini dengan semua bagiantelah dilengkapi dengan detil yang diperlukan; dan 

 

undefined

 

(5) detail kontak, termasuk nama dan alamat e-mail balasan. 

 CATATAN PENTING: 

INFORMASI INI DIPERLUKAN UNTUK MEMPROSES PEMBERITAHUAN PELANGGARAN ANDA. KAMI TIDAK DAPAT MEMPROSES PEMBERITAHUAN PELANGGARAN ANDA HINGGA KAMI MENERIMA SELURUH INFORMASI YANG DIMINTA DI BAGIAN INI. 

Kami akan memproses pemberitahuan pelanggaran Anda begitu kami telah menerima seluruh informasi yang diminta. Proses pemberitahuan-pemberitahuan pelanggaran akan memakan waktu 7 (tujuh) hingga 10 (sepuluh) hari kerja. Apabila Anda mengajukan pemberitahuan pelanggaran Anda melalui Trust@lazada.com, Anda mengakui dan setuju bahwa Lazada tidak berkewajiban untuk memberitahukan Anda
atas penghapusan suatu daftar-daftar produk, layanan atau konten dari Platform, yang merupakan subjek pemberitahuan Anda. 

Apabila pemberitahuan pelanggaran Anda tidak berisi seluruh informasi yang diminta pada bagian ini, kami tidak akan menghapus daftar (-daftar) yang merupakan subjek pemberitahuan Anda. Dalam hal ini, Anda akan menerima pesan dari Trust@lazada.com yang menginformasikan Anda mengenai informasi yang kami butuhkan untuk memproses pemberitahuan Anda. Lazada dapat, berdasarkan diskresi tunggal dan absolutnya, menetapkan apakah informasi yang telah Anda berikan cukup, atau apakah informasi lebih lanjut dibutuhkan dan jenis-jenis serta kuantitas informasi lebih lanjut yang dibutuhkan. Kami hanya akan melanjutkan proses pemberitahuan Anda setelah kami menerima seluruh informasi yang kami minta. 

III. BANDING 

Pengguna dapat mengajukan banding apabila daftar (-daftar) konten, atau produk atau layanan yang telah diunggah Pengguna dihapus dari Platform sebagai akibat dari pemberitahuan-pemberitahuan yang diajukan oleh pemilik-pemilik hak melalui Platform IPP atau Trust@lazada.com. Pengguna dapat merujuk kepada bagian relevan pada Lazada University di Pusat Penjual (Seller Center) untuk informasi lebih lanjut mengenai proses banding. Apabila banding yang diajukan oleh Pengguna berhasil, Lazada akan mengembalikan daftar (-daftar) konten atau produk atau layanan yang telah dihapus. 

D. Lain-lain 

(1)ANDA MENGAKUI DAN MENYETUJUI BAHWA LAZADA MEMILIKI HAK UNTUK SEPENUHNYA DAN SECARA FINAL MENGINTERPRETASIKAN DAN/ATAU MELAKSANAKAN ATAU MENANGGUHKAN PELAKSANAAN, SETIAP KETENTUAN PADA KEBIJAKAN INI, TERMASUK PENGHAPUSAN SETIAP DAFTAR-DAFTAR (LISTINGS) KONTEN, ATAU PRODUK ATAU LAYANAN DARI PLATFORM, MEMILIKI HAK UNTUK MENGAMBIL TINDAKAN TERHADAP SETIAP PENGGUNA (BAIK PADA PLATFORM ATAU LAINNYA), UNTUK MENOLAK SUATU PEMBERITAHUAN PELANGGARAN KEKAYAAN INTELEKTUAL KARENA INFORMASI YANG TIDAK MENCUKUPI BERDASARKAN DISKRESI TUNGGAL DAN ABSOLUT OLEH LAZADA. 

(2)Lazada memiliiki hak untuk mengubah kebijakan ini sesuai dengan perubahan hukum dan peraturan, perubahan lingkungan usaha atau berdasarkan diskresi tunggal dan absolutnya. Kami akan mengumumkan seluruh perubahan pada kebijakan ini dengan mengunggah pembaruan. Versi kebijakan yang telah diubah akan berlaku efektif pada tanggal yang ditetapkan di pengumuman. Penggunaan Platform yang berkelanjutan oleh Anda,termasuk akses atau kunjungan pada Platform dengan cara apapun, setelah perubahan telah berlaku merupakan suatu penerimaan oleh Anda atas perubahan tersebut dan apabila Anda tidak setuju atas segala perubahan pada kebijakan ini, Anda harus menghentikan penggunaan Platform (kecuali sejauh yang diperlukan disini) dan setiap perjanjian antara Anda dengan kami akan diakhiri. Untuk menghindari keragu-raguan, versi-versi terbaru dari kebijakan mengesampingkan versi-versi lebih lama.

 Intellectual Property Protection Portal