SYARAT DAN KETENTUAN LAZPAYLATER

Selamat datang di LAYANAN DAN PROGRAM LAZPAYLATER, yang memberikan layanan fasilitas kredit bagi Para Pengguna yang menggunakan Aplikasi Lazada di Indonesia.

Syarat dan ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur penggunaan Layanan dan Program LazPayLater melalui Aplikasi Lazada. Anda dapat mengunjungi laman FAQ untuk informasi lebih lanjut mengenai cara penggunaan Layanan dan Program LazPayLater. 

Syarat dan Ketentuan ini menetapkan perjanjian antara Anda sebagai “Pengguna”, PT Ecart Webportal Indonesia (“Lazada”) dan para mitra program berikut ini (masing-masing suatu “Kreditur” dan bersama-sama “Para Kreditur”, sebagaimana didefinisikan di bawah ini):

Para mitra program:

(1) PT Akulaku Finance Indonesia;

(2) PT Mega Shopintar Indonesia,

atau entitas lain yang memiliki izin yang bermitra dengan entitas-entitas yang disebutkan di atas.

APABILA ANDA KEBERATAN ATAU TIDAK MENYETUJUI SALAH SATU, SEBAGIAN, ATAU SELURUH ISI SYARAT DAN KETENTUAN INI, MAKA ANDA SETUJU UNTUK TIDAK AKAN MENGGUNAKAN PROGRAM KREDIT YANG DISELENGGARAKAN MELALUI LAZPAYLATER DAN ANDA HARUS BERHENTI MENGGUNAKAN LAYANAN LAZPAYLATER.


1. DEFINISI

1) “Akun” (Account) berarti akun Pengguna dalam Aplikasi Lazada. 

2) “Aplikasi Lazada” (Lazada Application) adalah aplikasi seluler yang dikelola oleh Lazada yang menyediakan layanan jual beli Produk bagi Para Pengguna (marketplace) dan layanan fasilitas kredit dengan fitur pembayaran secara angsuran yang diberikan oleh Para Kreditur untuk kebutuhan tertentu melalui Aplikasi Lazada.

3) “Data Pribadi” (Personal Data) berarti setiap informasi atau data yang diberikan oleh Pengguna yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara langsung maupun tidak langsung setiap individu termasuk, namun tidak terbatas pada, informasi seperti nama pengguna (username), email, kata sandi (password), nama, nomor telepon (termasuk nama dan nomor telepon orang yang dapat dihubungi), alamat, nomor kartu identitas atau nomor induk kependudukan, kantor, nomor rekening, foto, data biometrik, data tingkat pendidikan dan pekerjaan dan setiap data pribadi lainnya, yang disampaikan Pengguna pada saat menggunakan dan mengakses Layanan.

4) “Hukum” (Laws) berarti hukum, peraturan, dan perintah yang berlaku, dalam yurisdiksi Republik Indonesia.

5) “Jangka Waktu” (Term) adalah periode pembayaran angsuran pokok dan bunga yang ditawarkan oleh Kreditur dan disetujui oleh Pemohon.

6) “Kreditur” (Creditor) atau “Para Kreditur” (Creditors) berarti setiap atau seluruh mitra program yang disebutkan di atas (sebagaimana berlaku).

7) “Layanan” (Services) berarti layanan yang ditawarkan oleh Lazada melalui Aplikasi Lazada, antara lain untuk jual beli Produk dan layanan fasilitas kredit yang diberikan oleh Para Kreditur yang tersedia melalui Aplikasi Lazada.

8) “Limit Kredit” (Credit Limit) adalah jumlah maksimal fasilitas kredit sebagaimana ditentukan oleh Kreditur, untuk dapat digunakan oleh Peminjam untuk pembelian Produk di Aplikasi Lazada.

9) “OJK” adalah Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (dan penerusnya dari waktu ke waktu).

10) “Otoritas Pemerintah” (Government Authority) berarti pemerintah suatu negara atau suatu subdivisi politik (baik pusat, negara bagian atau lokal) yang meliputi: setiap kementerian, lembaga, otoritas, badan pengatur, pengadilan, bank sentral atau setiap badan lain yang menjalankan kekuasaan eksekutif, legislatif, yudisial, perpajakan, moneter atau administrasi atau setiap badan yang memiliki fungsi yang berkaitan dengan pemerintah, sebagaimana diatur berdasarkan Hukum di negara yang bersangkutan.

11) “Pajak" (Taxes) berarti segala bentuk perpajakan, pajak kekayaan, pengurangan, pajak penghasilan, bea, pembebanan, pungutan, biaya, iuran jaminan sosial, pendapatan modal, pajak pertambahan nilai, dan suku bunga yang dikenakan, dipungut, ditagih, dipotong atau ditetapkan oleh suatu Otoritas Pemerintah di Indonesia atau di mana pun dan bunga, pajak tambahan, penalti, biaya tambahan atau denda yang terkait dan "Perpajakan" (Taxation) akan ditafsirkan dengan merujuk pada istilah Pajak.

12) “Pembayaran Kredit” (Credit Payment) adalah total pelunasan angsuran atas (i) pokok pinjaman, (ii) bunga atas pokok pinjaman dan (iii) setiap denda yang berlaku atas keterlambatan pembayaran atau lainnya, yang telah disetujui oleh Peminjam dan harus dibayar oleh Peminjam pada setiap Tanggal Jatuh Tempo yang telah disepakati.

13) “Pembeli” (Buyer) adalah suatu “Pengguna” (User) terdaftar yang melakukan permintaan atas suatu Produk yang dijual oleh suatu Penjual terdaftar melalui Aplikasi Lazada.

14) “Peminjam” (Borrower) adalah Pemohon yang telah memenuhi persyaratan dan telah lulus dari proses verifikasi dan penilaian kreditur dan dengan demikian permohonannya untuk menggunakan fasilitas Program Kredit di Aplikasi Lazada telah disetujui oleh suatu Kreditur.

15) “Pemohon” (Applicant) adalah suatu Pembeli yang mengajukan suatu permohonan fasilitas Program Kredit di Aplikasi Lazada yang dapat ditindaklanjuti sepenuhnya oleh suatu Kreditur, dan yang bersedia untuk memenuhi dan menyetujui seluruh syarat dan ketentuan Program Kredit yang ditetapkan oleh suatu Kreditur, termasuk namun tidak terbatas pada Syarat dan Ketentuan ini.

16) “Para Pengguna” (Users) atau untuk selanjutnya disebut sebagai “Pengguna” (User) adalah para pihak yang menggunakan Aplikasi Lazada, termasuk namun tidak terbatas pada Para Pembeli, Para Penjual, atau para pihak lain yang telah mengunduh Aplikasi Lazada.

17) “Penjual” (Seller) atau untuk selanjutnya disebut sebagai “Merchant” adalah Pengguna terdaftar dan/atau pihak lain yang bekerja sama dengan Lazada yang setuju untuk melakukan penawaran, pemasaran, dan penjualan atas suatu Produk kepada Para Pembeli.

18) “Perjanjian Kredit” (Credit Agreement) adalah suatu perjanjian pembiayaan atau perjanjian kredit lainnya yang dibuat oleh dan antara Peminjam dengan Kreditur, berdasarkan mana Kreditur memberikan pembiayaan atau fasilitas kredit kepada Peminjam untuk membiayai pembelian Produk oleh Peminjam untuk penggunaan atau konsumsi mereka sendiri, dan bukan untuk keperluan usaha atau kegiatan produksi, dalam periode yang telah disepakati. 

19) “Produk” (Products) adalah seluruh layanan dan/atau barang yang ditawarkan dan dijual oleh Para Penjual kepada Para Pembeli melalui Aplikasi Lazada.

20) “Program Kredit” (Credit Program) adalah program fasilitas kredit dari suatu Kreditur kepada suatu Peminjam, berdasarkan mana Kreditur memberikan pembiayaan atau fasilitas kredit kepada Peminjam untuk membeli Produk untuk penggunaan atau konsumsi mereka sendiri dan di mana Peminjam dapat melakukan pembayaran secara angsuran dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan permohonan yang diajukan oleh Pemohon kepada Kreditur melalui Aplikasi Lazada.

21) “Rekening Virtual Lazada” (Lazada Virtual Account) adalah rekening bersama yang disepakati oleh Kreditur dan Pengguna untuk memproses Pembayaran Kredit berdasarkan penggunaan Program Kredit.

22) “SLIK” adalah Sistem Layanan Informasi Keuangan yang pengelolaannya berada di bawah tanggung jawab OJK.

23) “Syarat dan Ketentuan” (Terms and Conditions) berarti Syarat dan Ketentuan Penggunaan LazPayLater ini, yang merupakan suatu perjanjian antara Pengguna, Lazada dan Kreditur yang memuat seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban dan tanggung jawab Pengguna, Lazada dan Kreditur, serta tata cara penggunaan Layanan dan Program LazPayLater. 

24) “Tanggal Jatuh Tempo” (Maturity Date) adalah batas waktu pembayaran angsuran pokok dan bunga kredit serta biaya lainnya yang menjadi kewajiban Peminjam setiap bulannya.

2. KETENTUAN PENGGUNAAN LAYANAN DAN PROGRAM LAZPAYLATER

1) Layanan dan Program LazPayLater (“LazPayLater”) adalah Program Kredit dalam bentuk limit kredit yang diberikan oleh Para Kreditur dan dapat digunakan oleh Para Peminjam untuk melakukan transaksi di Aplikasi Lazada. Oleh karena itu, hubungan hukum yang timbul dari Program Kredit adalah antara Kreditur dan Peminjam, dan segala risiko yang timbul daripadanya akan ditanggung sepenuhnya oleh Kreditur dan Peminjam. 

2) Dengan menggunakan LazPayLater, Pengguna setuju, secara tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali, untuk terikat dengan, dan akan dianggap menerima, termasuk namun tidak terbatas pada, Syarat & Ketentuan Platform Lazada, Kebijakan Privasi Lazada, Kebijakan Privasi Penggunaan LazPayLater, Syarat dan Ketentuan Layanan dan Program LazPayLater, dan/atau setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan Layanan yang dapat ditandatangani oleh Pengguna, Lazada dan Kreditur, baik oleh ketiganya atau beberapa dari mereka dengan atau tanpa pihak lainnya.

3) Pengguna berjanji untuk mematuhi setiap pemberitahuan atau instruksi yang diberitahukan melalui Aplikasi Lazada atau melalui saluran media lain apa pun sehubungan dengan penggunaan LazPayLater oleh Pengguna.

4) Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan Akun dan kata sandinya (password) atau setiap informasi pribadi lain milik Pengguna (seperti OTP). Pengguna dengan ini berjanji untuk tidak akan membagi kata sandi atau akses Akun apa pun dengan pihak lain mana pun dan bahwa Pengguna akan menjadi satu-satunya pihak yang memiliki akses ke Akun. 

5) Pengguna berjanji untuk tidak akan menggunakan Aplikasi Lazada dengan cara yang bertentangan atau melanggar Hukum yang berlaku dan/atau hak-hak Para Pengguna lainnya (termasuk Merchant) dari Aplikasi Lazada, termasuk namun tidak terbatas pada:

(i) melakukan tindakan curang dan/atau persekongkolan dalam menggunakan Aplikasi Lazada;

(ii) menggunakan data dan identitas palsu;

(iii) mengakses, mengumpulkan dan/atau menggunakan Data Pribadi pihak lain tanpa izin; dan/atau 

(iv) melanggar Hukum yang berlaku;

termasuk untuk (tetapi tidak terbatas pada) tujuan untuk mendapatkan Program Kredit.

6) Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, perangkat lunak, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk secara tanpa hak mengakses, melakukan perubahan dan/atau melakukan manipulasi pada sistem Aplikasi Lazada, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) manipulasi data; (ii) kegiatan perambahan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; dan/atau (v) aktivitas lain yang ditentukan oleh Lazada sebagai tindakan manipulasi sistem dan/atau merupakan pelanggaran kebijakan Aplikasi Lazada yang ditentukan oleh Lazada dari waktu ke waktu.

7) Pengguna setuju untuk memastikan bahwa pihaknya akan keluar (log out) dari Akun di akhir setiap sesi. Pengguna wajib untuk segera memberitahukan kepada Lazada apabila terdapat penggunaan tanpa izin atas kata sandi atau Akun Pengguna.

8) Dengan menggunakan LazPayLater, Pengguna setuju bahwa Lazada dapat mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola, menggunakan dan/atau mengungkapkan Data Pribadi Pengguna ("Pemanfaatan Data") sesuai dengan Kebijakan Privasi Lazada dan Kebijakan Privasi Penggunaan LazPayLater, sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu.

9) Pengguna tidak akan melakukan atau mengabaikan untuk melakukan hal apa pun yang dapat merusak citra dan reputasi Lazada dan/atau Para Kreditur, dan Pengguna akan dengan iktikad baik memenuhi dan mematuhi Perjanjian Kredit sesuai dengan prinsip akuntabilitas dan kehati-hatian.

10) Pengguna dengan ini memahami, menyetujui dan menyatakan bahwa Lazada tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan dalam bentuk apa pun yang timbul dari penyalahgunaan Akun oleh Pengguna atau suatu pihak ketiga lainnya dan/atau kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan Akun, kata sandi (password) atau informasi pribadi lainnya milik Pengguna (seperti OTP) dan/atau setiap aktivitas transaksi yang terjadi dalam Akun. Pengguna dengan ini mengakui bahwa Lazada berhak untuk memperlakukan setiap transaksi, instruksi, atau korespondensi yang berasal dari Akun sebagai transaksi, instruksi, atau korespondensi yang sah dilakukan atau diberikan oleh Pengguna.



3. KETENTUAN PERMOHONAN PROGRAM KREDIT

1) Yang dapat menjadi Pemohon penggunaan Program Kredit harus merupakan Pengguna terdaftar di Aplikasi Lazada dan harus merupakan orang perseorangan warga negara Indonesia yang berdomisili di wilayah hukum Indonesia.

2) Pengguna memahami dan sepakat bahwa mereka diwajibkan untuk terlebih dahulu mengajukan permohonan untuk menggunakan Program Kredit kepada Para Kreditur dan menjalani proses identifikasi serta verifikasi data oleh Para Kreditur atau para pihak lain sebagaimana ditunjuk oleh Para Kreditur atau Lazada.

3) Pengguna memahami dan sepakat bahwa setiap Pemohon wajib melewati proses identifikasi dan verifikasi data yang diadakan oleh Kreditur (dan/atau para pihak lain sebagaimana ditunjuk oleh Kreditur atau Lazada), bisa dalam bentuk metode penilaian pengajuan pinjaman (credit scoring), pemetaan profil risiko (risk profiling) atau metode lain apa pun sebagaimana ditentukan oleh Kreditur atas diskresinya secara penuh, untuk menilai apakah permohonan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit dapat diterima atau tidak.

4) Pengguna memahami dan menyetujui bahwa apabila terdapat lebih dari satu Kreditur yang berpartisipasi dalam LazPayLater, Lazada akan, atas diskresinya secara penuh, menentukan urutan di mana Para Kreditur dapat menerima data, identitas dan informasi Pemohon untuk keperluan menilai kelayakan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit yang ditawarkan oleh Kreditur dan ketentuan dari Program Kredit tersebut (“Proses Pencocokan Kreditur”). Sehubungan dengan Proses Pencocokan Kreditur, Pengguna selanjutnya menyetujui bahwa:

(i) apabila suatu Kreditur menerima permohonan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit, data, identitas dan informasi Pemohon tidak akan diberikan kepada Kreditur berikutnya dalam urutan Proses Pencocokan Kreditur;

(ii) apabila suatu Kreditur menolak permohonan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit, data, identitas dan informasi Pemohon akan secara otomatis diberikan kepada Kreditur berikutnya dalam urutan Proses Pencocokan Kreditur;

(iii) apabila seluruh Kreditur menolak permohonan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit, permohonan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit akan ditolak.

5) Pengguna memahami dan setuju bahwa Para Kreditur, secara sepihak dan atas diskresi mereka secara penuh, memiliki hak untuk:

(i) menolak atau menerima permohonan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit; dan

(ii) apabila permohonan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit diterima, menentukan Limit Kredit yang diberikan kepada Pemohon untuk digunakan.

6) Pengguna wajib mempertimbangkan tingkat suku bunga pinjaman dan biaya lainnya yang berlaku atas pinjaman sesuai dengan kemampuan Pengguna dalam mengajukan dan melunasi pinjaman yang diberikan oleh Para Kreditur and difasilitasi melalui LazPayLater.

7) Program Kredit hanya berlaku untuk Produk yang dikirimkan di dalam wilayah Republik Indonesia. Pengguna dengan ini mengakui bahwa setiap Kreditur berhak, secara sepihak dan atas diskresinya secara penuh, untuk menentukan kriteria penilaian untuk menentukan apakah permohonan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit dapat diterima atau tidak, termasuk untuk sewaktu-waktu, mengubah kriteria penilaian tersebut.

8) Pengguna menyetujui bahwa apabila permohonan Pengguna untuk menjadi Peminjam dan untuk menggunakan Program Kredit diterima oleh suatu Kreditur, Pengguna akan dapat melihat tingkat suku bunga pinjaman, angsuran, dan ketentuan utama lain dari Program Kredit yang ditawarkan oleh Kreditur yang memberikan persetujuannya di Aplikasi Lazada. Dengan melakukan pembayaran menggunakan Program Kredit, Pengguna setuju untuk terikat dengan ketentuan Perjanjian Kredit dengan Kreditur, termasuk setiap persyaratan untuk identifikasi dan verifikasi lebih lanjut atas data Pengguna untuk Program Kredit. Apabila diminta oleh Kreditur, Pengguna selanjutnya sepakat untuk menandatangani suatu Perjanjian Kredit terpisah yang mengikat secara hukum dengan Kreditur.

4. MASA BERLAKU

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini berlaku mulai dari tanggal pendaftaran Pengguna di Aplikasi Lazada hingga diakhiri sesuai dengan ketentuan Pasal 15 di bawah (“Masa Berlaku”).

5. PERNYATAAN DAN JAMINAN

Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin kepada Lazada dan Para Kreditur (secara tanggung renteng dan sendiri-sendiri) bahwa selama Masa Berlaku:

1) Pengguna adalah seorang individu yang cakap di mata hukum dan mampu mengikatkan dirinya dalam perjanjian yang sah, dapat menuntut dan dituntut atas namanya sendiri dan memiliki asetnya sendiri, menurut hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

2) Pengguna memiliki kekuasaan untuk menyepakati dan melaksanakan, dan telah mengambil segala tindakan dan persetujuan yang diperlukan agar pihaknya berwenang untuk menyepakati dan melaksanakan, ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini, termasuk namun tidak terbatas pada memperoleh persetujuan pasangan Pengguna, apabila diperlukan.

3) Pengguna hanya boleh menggunakan LazPayLater untuk tujuan yang sah berdasarkan perjanjian-perjanjian yang melibatkannya sebagai suatu pihak dan sesuai dengan Hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

4) Pengguna tidak melakukan manipulasi, pemalsuan informasi atau data, maupun berkedok sebagai pihak lain mana pun, baik orang perseorangan maupun entitas perusahaan, dan Pengguna tidak memiliki hak maupun wewenang untuk bertindak untuk dan atas nama pihak ketiga lain mana pun.

5) Pengguna tidak akan dan/atau tidak berniat untuk menguntungkan diri sendiri dengan cara-cara yang tidak wajar, melalui rangkaian kebohongan untuk membujuk orang lain, melalui tipu muslihat atau dengan menggunakan identitas atau nama palsu, atau dengan melakukan tindakan persekongkolan dan/atau curang untuk menguntungkan diri sendiri yang dapat menyebabkan Lazada dan/atau Para Kreditur mengalami kerugian dalam bentuk apa pun juga. 

6) Pengguna tidak akan mengakses tanpa wewenang, meretas (hacking), menghalangi, mengganggu, menonaktifkan, membebani dengan berlebihan atau mengganggu performa atau penampilan yang layak dari LazPayLater, termasuk namun tidak terbatas pada melaksanakan serangan penolakan layanan (denial of services), spoofing, peretasan (hacking), rekayasa terbalik, gangguan, pemrograman ulang, manipulasi data, crawling/scraping, otomatisasi dalam transaksi, atau pemanfaatan suatu teknik framing untuk melampirkan suatu konten atau informasi kepemilikan lainnya.

7) Kesepakatan Pengguna untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini, dan transaksi-transaksi yang diatur berdasarkan atau sehubungan dengannya, tidak akan bertentangan dengan Hukum apa pun yang berlaku terhadap Pengguna, asetnya atau setiap perjanjian yang melibatkan Pengguna sebagai suatu pihak.

8) Tidak ada proses perkara hukum atau prosedur proses perkara hukum atau prosedur atau langkah lainnya yang diambil (termasuk pengajuan permohonan, pengajuan petisi, pengajuan atau pemberian pemberitahuan atau pengambilan keputusan) sehubungan dengan penundaan kewajiban pembayaran utang, kepailitan, moratorium utang; penunjukan kurator, manajer wajib (compulsory manager), wali amanat, atau setiap pejabat serupa lainnya atau prosedur atau langkah serupa yang diambil di yurisdiksi mana pun; atau langkah lain dari tindakan eksekusi oleh para kreditur dalam bentuk pengambilalihan secara paksa, sita, penahanan atau eksekusi atau proses yang serupa di yurisdiksi mana pun yang memengaruhi aset-aset Pengguna.

9) Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh Pengguna kepada Lazada dan/atau Para Kreditur, termasuk data yang digunakan untuk mendaftarkan diri pada LazPayLater dan Akun adalah benar, akurat, lengkap, terkini dan tidak menyesatkan. Pengguna tidak akan memberikan data, informasi, dokumen dan gambar apa pun yang melanggar hukum, membahayakan, mengancam, mengandung kekerasan, melecehkan pihak lain, bersifat mencemarkan nama baik, vulgar, cabul atau yang dengan cara lain melanggar privasi atau hak pihak lain atau suatu Hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

10) Pengguna adalah pemilik dari semua Data Pribadi yang disampaikan kepada Lazada dan/atau Para Kreditur dan yang diungkapkan oleh Pengguna pada Aplikasi Lazada atau melalui LazPayLater, dan tidak ada dari data tersebut yang dapat melanggar hak cipta, rahasia dagang, merek dagang, paten dan/atau hak kekayaan intelektual lain apa pun dari pihak lain mana pun. Apabila Data Pribadi yang disampaikan oleh Pengguna kepada Lazada dan/atau Para Kreditur merupakan Data Pribadi milik suatu pihak ketiga, maka Pengguna akan mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari individu yang bersangkutan dan memastikan bahwa pihaknya mengetahui, memahami dan menerima Kebijakan Privasi Lazada dan Kebijakan Privasi Penggunaan LazPayLater sebelum Pengguna memberikan Data Pribadi pihak ketiga tersebut. Pengguna tidak boleh menghilangkan atribusi pencipta, pemberitahuan hukum atau penandaan kepemilikan atau label apa pun dari data, informasi, dokumen dan gambar apa pun yang diberikan oleh pihaknya sehubungan dengan Layanan dan Program LazPayLater. 

6. KETENTUAN PROGRAM KREDIT

1) Pengguna menyetujui bahwa Program Kredit (i) hanya dapat dimanfaatkan apabila Pengguna telah disetujui sebagai Peminjam dan (ii) terbatas pada Limit Kredit yang diberikan kepada Pengguna dan hanya dapat digunakan dalam Aplikasi Lazada sesuai dengan Perjanjian Kredit dan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini.

2) Pemilihan durasi Program Kredit merupakan tanggung jawab Pengguna sendiri.

3) Apabila diminta oleh Kreditur, Pengguna sepakat untuk menandatangani Perjanjian Kredit terpisah yang mengikat secara hukum dengan Kreditur, yang tunduk pada ketentuan Pasal 8 dari Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini.

4) Dengan tunduk pada syarat dan ketentuan Perjanjian Kredit, Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa: 

a. Peminjam wajib melakukan pembayaran angsuran pokok dan bunga Program Kredit pada atau sebelum Tanggal Jatuh Tempo kepada Kreditur, sesuai dengan Perjanjian Kredit.

b. Dalam hal apabila Peminjam terlambat dalam melakukan pembayaran, Peminjam akan dikenakan biaya keterlambatan sebagaimana ditentukan dalam Perjanjian Kredit.

c. Dalam hal terjadinya kelebihan pembayaran angsuran pokok dan bunga, kelebihan tersebut akan dialokasikan untuk pembayaran angsuran pokok dan bunga bulan berikutnya.

d. Tanggal Jatuh Tempo akan diinformasikan kepada Peminjam pada saat permohonan penggunaan Program Kredit diterima oleh Kreditur, dan wajib ditaati sampai dengan pelunasannya.

e. Dalam hal terjadi penagihan kepada Peminjam oleh Kreditur, biaya terkait penagihan tersebut merupakan tanggung jawab Peminjam secara pribadi.

f. Apabila terdapat kewajiban pembayaran atas Program Kredit yang telah jatuh tempo atau menjadi jatuh tempo, Kreditur dan Lazada berhak sewaktu-waktu untuk membatasi, membekukan transaksi, akun dan/atau dana yang tersedia dalam fitur Saldo pada Aplikasi Lazada.

5) Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala pembayaran angsuran pokok dan bunga selain melalui Rekening Virtual Lazada dan/atau tanpa sepengetahuan Lazada (melalui pesan pribadi, korespondensi via telepon dengan nomor pribadi, atau upaya lainnya) akan menjadi risiko Pengguna sendiri dan akan menjadi tanggung jawab mutlak Pengguna secara keseluruhan.

6) Para Kreditur mEmiliki hak dan kewenangan untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan kepada Pengguna terlebih dahulu.

7) Pengguna menyetujui untuk tidak mengungkapkan atau menyerahkan bukti pembayaran angsuran pokok dan bunga kepada pihak lain mana pun selain Lazada dan/atau Para Kreditur. Apabila Pengguna menderita kerugian sebagai akibat melakukan pengungkapan tidak berwenang tersebut kepada pihak ketiga, maka Pengguna akan sepenuhnya dan secara mutlak bertanggung jawab atas kerugian tersebut.

8) Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap keterlambatan dalam proses pembayaran dan biaya tambahan yang ditimbulkannya sebagai akibat dari perbedaan antara bank Pengguna dengan bank Rekening Virtual Lazada akan ditanggung sepenuhnya oleh Pengguna.

9) Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Para Kreditur berhak untuk dan akan melaporkan setiap informasi kredit yang masih berjalan yang melibatkan Pengguna sebagai suatu pihak setiap bulannya sesuai dengan Hukum yang berlaku dan instruksi dari OJK atau Otoritas Pemerintah yang relevan.


7. KONTEN PIHAK KETIGA

1) Pengguna mengakui dan menerima bahwa Lazada tidak bertanggung jawab atas konten (termasuk informasi dan spesifikasi Produk) apa pun yang dibuat oleh pihak ketiga (termasuk Merchant) mana pun melalui Aplikasi Lazada.

2) Lazada dapat memberikan tautan ke sistem elektronik pihak lain atau menampilkan konten pihak lain melalui Aplikasi Lazada. Pengguna mengakui bahwa Lazada tidak bertanggung jawab atas, dan Pengguna berjanji untuk tidak meminta Lazada untuk bertanggung jawab atas, konten apa pun yang dibuat atau dibagikan oleh pihak ketiga melalui Aplikasi Lazada atau di sistem elektronik pihak ketiga.

8. PENGELOLAAN RISIKO

1) Pengguna menerima dan menyetujui untuk Lazada dan Para Kreditur, termasuk afiliasi dan penyedia jasa mereka masing-masing, untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

a. Lazada dan Para Kreditur, termasuk afiliasinya dan/atau penyedia jasa yang ditunjuk oleh masing-masing dari mereka, dapat mengumpulkan, mengalihkan, menyimpan, mengolah, baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama, data (termasuk Data Pribadi), informasi, dan identitas pribadi Pengguna, sehubungan dengan Program Kredit di Aplikasi Lazada;

b. Lazada dan Para Kreditur, dapat mengalihkan kepada afiliasinya dan/atau penyedia jasa yang ditunjuk oleh masing-masing dari mereka, data (termasuk Data Pribadi), informasi, dan identitas pribadi Pengguna, sehubungan dengan piutang berdasarkan Program Kredit di Aplikasi Lazada;

c. Lazada dan Para Kreditur, termasuk afiliasinya dan/atau penyedia jasa yang ditunjuk oleh masing-masing dari mereka, dapat menghubungi Pengguna melalui telepon dan media lain sebagaimana diperlukan untuk memverifikasi setiap informasi yang diberikan oleh Pengguna;

d. Para Kreditur dapat memeriksa, mengambil, menyimpan, memproses dan mengalihkan data dari akun media sosial Pengguna untuk mengidentifikasi, memproses dan menyimpan data Pengguna;

e. Para Kreditur dapat memeriksa, mengambil, menyimpan, memproses dan mengalihkan data dari perangkat yang digunakan oleh Pengguna untuk mengakses Aplikasi Lazada, khususnya (tanpa batasan) identitas perangkat, lokasi GPS, kamera, mikrofon;

f. Para Kreditur dapat melakukan pengecekan riwayat kredit atau data kredit Pengguna melalui aplikasi SLIK atau ke biro kredit tertentu yang berwenang dan/atau ke pihak ketiga lain mana pun;

g. Para Kreditur dapat melengkapi data yang diperlukan sesuai dengan aturan dari OJK atau Otoritas Pemerintah yang relevan apabila Pengguna tidak dapat melengkapi data tersebut dan dengan ketentuan bahwa data tersebut dapat diubah lebih lanjut oleh Pengguna sendiri dengan menggunakan prosedur yang saat ini diberlakukan oleh Kreditur, dan Pengguna tetap sepenuhnya bertanggung jawab atas ketepatan dan kelengkapan data tersebut;

h. Lazada dan Para Kreditur, termasuk afiliasinya dan/atau penyedia jasa yang ditunjuk oleh masing-masing dari mereka, dapat melakukan tindakan-tindakan lain yang diperlukan untuk pelaksanaan Syarat & Ketentuan Platform Lazada, Kebijakan Privasi Lazada, Kebijakan Privasi Penggunaan LazPayLater, Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater, dan/atau setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan Layanan yang dapat ditandatangani oleh Pengguna, Lazada dan Para Kreditur, baik oleh ketiganya atau beberapa dari mereka dengan atau tanpa pihak lainnya, sesuai dengan Hukum yang berlaku.

2) Apabila Kreditur menemukan bahwa data yang disampaikan Pemohon untuk menggunakan Program Kredit ternyata tidak akurat, palsu dan/atau sengaja dipalsukan oleh Pengguna, Kreditur memiliki hak untuk:

a. menolak permohonan penggunaan Program Kredit; 

b. membatalkan penggunaan Program Kredit yang telah berjalan;

c. mencabut akses Pemohon ke penggunaan Program Kredit;

d. mencatat tindakan tersebut dalam riwayat kredit Pemohon dan membagikan informasi tersebut dengan otoritas yang sesuai dan/atau lembaga pencegahan tindakan kecurangan; dan/atau

e. melakukan tindakan lainnya yang diperlukan sepanjang tidak bertentangan dengan Hukum yang berlaku.

3) Tanpa mengurangi keberlakuan ketentuan di atas, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Kreditur memiliki hak dan kewenangan penuh untuk menolak maupun menghentikan Program Kredit Pengguna, tanpa memerlukan pemberitahuan dan/atau persetujuan terlebih dahulu. Apabila pelanggaran terhadap ketentuan pada ayat (2) di atas ditemukan setelah Program Kredit telah berjalan, maka pelanggaran tersebut tidak menghilangkan atau mengakhiri segala kewajiban yang terutang oleh Pengguna kepada Lazada dan/atau Kreditur.

9. HARGA

1) Harga dan biaya lainnya terkait pembelian dan pengiriman Produk sebagaimana ditentukan pada Aplikasi Lazada adalah sebagaimana ditetapkan oleh Merchant. 

2) Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap kesalahan keterangan harga dan/atau informasi lainnya yang disebabkan karena Aplikasi Lazada belum diperbarui oleh Pengguna karena alasan apa pun akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna sendiri.

3) Dengan melakukan pemesanan melalui Aplikasi Lazada, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera pada halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas pada halaman pembayaran.

4) Aplikasi Lazada hanya melayani transaksi jual beli Produk dalam mata uang Rupiah.

5) Harga yang ditampilkan pada Aplikasi Lazada dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dan karena alasan apa pun.

10. KETENTUAN LAIN

Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini akan tunduk pada Syarat dan Ketentuan Platform Lazada yang dianggap dimasukkan dalam, dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari, Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini.

1) Bahwa tanda terima dan segala dokumen, termasuk namun tidak terbatas pada Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini serta setiap hasil cetak dari Aplikasi Lazada yang terkait dengan Pemohon, baik yang telah ada dan/atau akan ada di kemudian hari sehubungan dengan pemesanan Produk dan/atau pembayaran angsuran pokok dan bunga melalui Lazada merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan satu sama lain dan saling berkaitan. 

2) Pengguna tidak dapat mengalihkan hak atau kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini pada saat kapan pun tanpa persetujuan tertulis dari Lazada dan Kreditur terlebih dahulu.

3) Apabila, sewaktu-waktu, suatu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini ternyata atau menjadi tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan dalam hal apa pun berdasarkan hukum apa pun dari yurisdiksi mana pun, maka keabsahan dan keberlakuan dari ketentuan yang lain tidak akan terpengaruh atau terganggu dan akan terus berlaku dan mengikat para pihak.

4) Tidak ada kegagalan atau keterlambatan dalam menggunakan suatu hak, kuasa atau hak istimewa yang akan berlaku sebagai suatu penyampingan atas hak, kuasa atau hak istimewa tersebut. Tidak ada penggunaan tunggal atau sebagian dari suatu hak, kuasa atau hak istimewa yang akan menghalangi penggunaan lain atau penggunaan selanjutnya dari hak, kuasa atau hak istimewa tersebut atau penggunaan dari suatu hak, kuasa atau hak istimewa lain berdasarkan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini. Setiap penyampingan hak atau upaya hukum oleh Lazada dan/atau Para Kreditur hanya akan berlaku apabila dibuat secara tertulis oleh pihak yang bersangkutan. Hak dan upaya hukum yang diberikan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini bersifat kumulatif dan merupakan tambahan terhadap setiap pemulihan lain yang diberikan berdasarkan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini atau yang ada pada saat ini atau akan ada di kemudian hari berdasarkan hukum atau prinsip keadilan, berdasarkan undang-undang atau lainnya. Pemilihan salah satu atau beberapa pemulihan tersebut oleh suatu pihak bukan merupakan suatu penyampingan oleh pihak tersebut atas hak untuk mengupayakan pemulihan lain apa pun yang tersedia.

11. BATASAN TANGGUNG JAWAB

Lazada berupaya sebaik mungkin untuk menjaga Aplikasi Lazada agar aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, namun Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Lazada tidak menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Aplikasi Lazada bisa selalu sempurna atau sesuai standar tertentu.

Pengguna setuju bahwa penggunaan Aplikasi Lazada dilakukan atas risiko Pengguna sendiri, dan layanan Lazada diberikan kepada Pengguna “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA”.

Sebatas diizinkan berdasarkan Hukum yang berlaku, Lazada (termasuk induk perusahaan, afiliasi, direktur, komisaris, karyawannya dan para pihak yang diberikan kuasa oleh Lazada) tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

1) penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Aplikasi Lazada;

2) tindakan dan/atau informasi yang diberikan oleh Para Pengguna lain (termasuk Merchant) atau para pihak lain melalui Aplikasi Lazada;

3) harga, pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia pada Aplikasi Lazada;

4) keterlambatan atau gangguan dalam Aplikasi Lazada;

5) kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh Pengguna mana pun;

6) kualitas Produk;

7) pengiriman Produk;

8) pelanggaran hak atas kekayaan intelektual pihak mana pun;

9) perselisihan antara Para Pengguna;

10) pencemaran nama baik pihak mana pun;

11) penyalahgunaan Produk yang dibeli Para Pengguna;

12) kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Virtual Lazada, kerugian akibat tindakan tidak sah oleh Pengguna atas nama Lazada atau kelalaian Pengguna dalam menuliskan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pada pihak bank; 

13) virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan dengan Aplikasi Lazada;

14) gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apa pun dalam Aplikasi Lazada;

15) kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan Aplikasi Lazada;

16) isi, tindakan atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam Aplikasi Lazada yang diduga palsu;

17) tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan Akun Pengguna; 

18) adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada Akun Pengguna; 

19) kelalaian dan/atau kegagalan pihak Kreditur, termasuk tindakan dan/atau tidak adanya tindakan dari Kreditur, untuk mematuhi kewajiban Kreditur berdasarkan Program Kredit, Perjanjian Kreditur dan/atau dokumen-dokumen lainnya antara Peminjam dan Kreditur sehubungan dengan fasilitas kredit yang diberikan oleh Kreditur kepada Peminjam, yang mana hal tersebut merupakan tanggung jawab Kreditur; dan/atau

20) diterimanya atau ditolaknya permohonan fasilitas kredit yang diajukan oleh Pemohon kepada Kreditur.

12. GANTI RUGI

Pengguna akan melepaskan dan memberikan ganti rugi kepada Lazada terhadap segala tuntutan ganti rugi, dan akan membebaskan dan memberikan ganti rugi kepada Lazada (termasuk induk perusahaan, afiliasi, direktur, komisaris, karyawannya, dan para pihak yang diberikan kuasa oleh Lazada) dan Para Kreditur, atas setiap klaim, tuntutan, kerugian, ganti rugi, biaya penyelesaian, termasuk biaya hukum yang wajar, dari pihak ketiga yang timbul akibat Pengguna:

(i) melanggar dan/atau gagal mematuhi Syarat & Ketentuan Platform Lazada, Kebijakan Privasi Lazada, Kebijakan Privasi Penggunaan LazPayLater, Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater, dan/atau setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan Layanan yang dapat ditandatangani oleh Pengguna, Lazada dan Kreditur, baik oleh ketiganya atau beberapa dari mereka dengan atau tanpa pihak lainnya, sesuai dengan Hukum yang berlaku;

(ii) menggunakan Aplikasi Lazada secara tidak semestinya; dan/atau

(iii) melanggar Hukum yang berlaku atau hak-hak pihak ketiga mana pun.

13. PAJAK

Setiap dan semua pembayaran yang dilakukan oleh atau atas nama Pengguna sehubungan dengan LazPayLater harus bebas dan tanpa pemotongan untuk setiap dan semua Pajak yang ada saat ini maupun di masa yang akan datang, dan semua kewajiban yang berkenaan dengannya.

14. WANPRESTASI

(1) Apabila Pengguna melanggar Syarat & Ketentuan Platform Lazada, Kebijakan Privasi Lazada, Kebijakan Privasi Penggunaan LazPayLater, Syarat dan Ketentuan Layanan dan Program LazPayLater, dan/atau setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan Layanan yang dapat ditandatangani oleh Pengguna, Lazada dan Para Kreditur, baik ketiganya atau beberapa dari mereka dengan atau tanpa pihak lainnya, sesuai dengan Hukum yang berlaku:

a. Lazada berhak untuk melakukan pembekuan akun Pengguna di Aplikasi Lazada;

b. Lazada dan/atau Para Kreditur dapat mengakhiri Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater dan Layanan yang diberikan kepada Pengguna sesuai dengan ketentuan Pasal 15 di bawah ini; dan/atau

c. dalam hal Pengguna merupakan Peminjam, Kreditur berhak untuk membatalkan Limit Kredit yang berlaku bagi Peminjam.

(2) Ketentuan Pasal ini akan berlaku, antara lain, apabila ditemukan atau diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau terdapat suatu pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan Platform Lazada, Kebijakan Privasi Lazada, Kebijakan Privasi Penggunaan LazPayLater, Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater, dan/atau setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan Layanan yang dapat ditandatangani oleh Pengguna, Lazada dan Para Kreditur, baik oleh ketiganya atau beberapa dari mereka dengan atau tanpa pihak lainnya, sesuai dengan Hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan Akun oleh Pengguna untuk melakukan proses pembelian produk atau penggunaan Program Kredit tanpa melakukan pembayaran apa pun dan/atau apabila Pengguna tidak dapat dihubungi di alamat dan kontak yang telah didaftarkan untuk keperluan penagihan pembayaran. 

15. PENGAKHIRAN

1) Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini akan berakhir dengan berakhirnya Layanan kepada Pengguna, yang akan diberitahukan kepada Pengguna melalui Aplikasi Lazada, atau melalui email atau cara lainnya yang ditentukan oleh Lazada dan/atau Para Kreditur, dengan ketentuan tidak ada kewajiban (termasuk kewajiban pembayaran) Pengguna yang masih belum dipenuhi dan terutang terhadap Lazada, Para Kreditur, dan/atau Pengguna lain mana pun dalam Aplikasi Lazada. Berakhirnya Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater akan mulai berlaku pada tanggal ketika pemberitahuan diberikan melalui Aplikasi Lazada, melalui email atau cara lainnya oleh Lazada dan/atau Kreditur.

2) Tanpa mengurangi keberlakuan ketentuan ayat (1) Pasal ini, Lazada dan/atau Para Kreditur dapat secara sepihak mengakhiri Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini pada saat kapan pun dengan pemberitahuan 3 (tiga) hari kerja sebelumnya kepada Pengguna apabila:

(i) Pengguna melanggar Syarat & Ketentuan Platform Lazada, Kebijakan Privasi Lazada, Kebijakan Privasi Penggunaan LazPayLater, Syarat dan Ketentuan Layanan dan Program LazPayLater, dan/atau setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan Layanan yang dapat ditandatangani oleh Pengguna, Lazada dan Para Kreditur, baik oleh ketiganya atau beberapa dari mereka dengan atau tanpa pihak lainnya, sesuai dengan Hukum yang berlaku;

(ii) Lazada dan/atau Para Kreditur akan menjadi melanggar hukum untuk melanjutkan pemberian layanan kepada Pengguna sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater, Perjanjian Kredit dan/atau setiap perjanjian lainnya sehubungan dengan Layanan yang dapat ditandatangani oleh Pengguna, Lazada dan/atau Para Kreditur, baik oleh ketiganya atau beberapa dari mereka dengan atau tanpa pihak lainnya, sesuai dengan ketentuan Hukum yang berlaku; 

(iii) Kreditur tidak lagi memiliki izin untuk melakukan kegiatan usaha sebagai perusahaan pembiayaan dari OJK atau Otoritas Pemerintah terkait; 

(iv) kerja sama antara Lazada dan Kreditur yang relevan telah diakhiri atau berakhir;

(v) Peminjam mengajukan penghentian pemakaian LazPayLater;

(vi) informasi, laporan, data, pernyataan, jaminan dan/atau janji yang diberikan oleh Peminjam terbukti palsu atau tidak benar; dan/atau

(vii) Peminjam terlibat dalam penipuan dan/atau transaksi yang mencurigakan.

3) Dalam hal pengakhiran Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater sesuai ayat (2) Pasal ini, Lazada dan/atau Para Kreditur berhak untuk menghentikan pemberian Layanan dan/atau Program Kredit kepada Pengguna, termasuk dengan cara membatasi atau menutup akses Pengguna ke Aplikasi Lazada dan/atau dengan menghapus Akun Pengguna.

4) Para Pihak setuju untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia sejauh mengenai diperlukannya putusan pengadilan sehubungan dengan pengakhiran Layanan Program LazPayLater ini.

16. PILIHAN HUKUM

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini akan diatur berdasarkan dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apa pun atau sengketa yang mungkin timbul dari, terkait dengan, atau dalam cara apa pun terkait dengan Aplikasi Lazada dan/atau Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater ini harus diselesaikan secara musyawarah. Apabila sengketa tersebut tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari setelah persoalan yang diperselisihkan diberitahukan kepada Pihak lainnya oleh Pihak yang mengajukan atau mengemukakan sengketa yang dimaksud, maka salah satu Pihak atau Para Pihak secara bersama-sama dapat mengajukan sengketa tersebut untuk diselesaikan melalui arbitrase. Arbitrase harus dilaksanakan di Jakarta, Indonesia, sesuai dengan peraturan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) yang berlaku pada saat itu (“Aturan”) yang saat ini berdomisili di Wahana Graha lantai 1 dan 2, Jl. Mampang Prapatan No. 2, Jakarta 12760 (untuk ditafsirkan mencakup setiap perubahan kantor utamanya jika perubahan tersebut terjadi dari waktu ke waktu), dengan menggunakan 3 (tiga) orang arbiter yang ditunjuk sesuai dengan Aturan (“Dewan Arbitrase”), dan menggunakan Bahasa Indonesia. Badan Arbitrase terikat dengan aturan hukum dalam membuat keputusannya dan tidak berhak mengambil keputusan berdasarkan prinsip ex aequo et bono.  

Putusan arbitrase yang dikeluarkan oleh Badan Arbitrase bersifat final dan mengikat Para Pihak, dan tidak dapat dipertentangkan dan tidak dapat diajukan banding, dan berkekuatan hukum tetap (sehubungan dengan mana masing-masing Pihak dengan ini menyatakan tidak akan, dan karenanya mengesampingkan setiap hak yang dimilikinya berdasarkan hukum atau yurisdiksi mana pun untuk, mengajukan banding atau keberatan atas, atau memohon dilakukannya pemeriksaan atau peninjauan kembali terhadap, putusan yang dikeluarkan), dan dapat digunakan sebagai dasar untuk suatu putusan di Indonesia atau di mana pun juga.

Para Pihak sepakat bahwa tidak satu pun Pihak yang akan memulai atau mempertahankan tindakan apa pun di pengadilan hukum apa pun sehubungan dengan sengketa antara Para Pihak, kecuali untuk penegakan putusan arbitrase yang diberikan sesuai dengan proses yang dimulai sesuai dengan Pasal ini. 

Para Pihak secara tidak dapat dibatalkan mengesampingkan penerapan Pasal 48 (1) UU No. 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa dan setuju bahwa arbitrase tidak harus diselesaikan dalam jangka waktu yang ditentukan. 

17. TRANSAKSI DAN TANDA TANGAN ELEKTRONIK

1) Pengguna dengan ini setuju bahwa setiap korespondensi sehubungan dengan Layanan dapat, atas diskresi penuh Lazada, dilakukan secara elektronik, baik melalui Aplikasi Lazada atau di luar Aplikasi Lazada. Pengguna berjanji untuk menerima dan tidak membantah keabsahan atau keberlakuan setiap korespondensi yang dibuat dalam bentuk elektronik, termasuk namun tidak terbatas pada pemberitahuan.

2) Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap korespondensi yang dilakukan di luar Aplikasi Lazada akan dilakukan melalui keterangan kontak yang tertera dalam Aplikasi Lazada, dan Pengguna mengakui bahwa Lazada tidak bertanggung jawab, dan Pengguna berjanji untuk tidak meminta Lazada untuk bertanggung jawab atas, setiap korespondensi yang dibuat selain ke keterangan kontak sebagaimana disebutkan di atas.

18. PEMBARUAN

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater dapat diubah atau diperbarui sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Pengguna disarankan untuk selalu membaca dan memeriksa Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater secara saksama dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apa pun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan yang tersedia dalam Aplikasi Lazada, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan dan Program LazPayLater dari waktu ke waktu.

PERJANJIAN LISENSI PENGGUNA AKHIR ("EULA")

"Perangkat Lunak" mengacu pada perangkat lunak yang disediakan untuk digunakan oleh Pengguna (selanjutnya disebut sebagai "Pengguna Akhir") oleh ZOLOZ PTE. LTD ("Penyedia") ("Aplikasi Pengguna Akhir") sehubungan dengan LazPayLater, termasuk didalamnya tanpa terbatas oleh kode objek, fungsionalitas, konsep, proses, struktur internal, desain, elemen eksternal, user interface, teknologi dan dokumentasi, serta setiap modifikasi atau peningkatan (secara bersama-sama disebut, "Pembaruan") Perangkat Lunak.

1. Lisensi - Penyedia memberikan izin (melisensikan) kepada Pengguna Akhir untuk menggunakan Perangkat Lunak melalui Aplikasi Pengguna Akhir pada suatu perangkat yang dimiliki atau dikendalikan oleh Pengguna Akhir sesuai dengan ketentuan EULA ini. Pengguna Akhir tidak boleh memodifikasi, merekayasa balik, menyalin, menjual, menyewakan, atau mensublisensikan Perangkat Lunak. Pengguna Akhir tidak boleh menggunakan Perangkat Lunak untuk tujuan mengembangkan perangkat lunak baru berdasarkan konsep, fungsi, atau operasi yang serupa dengan yang ada dalam Perangkat Lunak.

2. Informasi Rahasia - Pengguna Akhir mengakui bahwa Perangkat Lunak dan semua informasi yang berkaitan dengannya, adalah hak milik, dan merupakan bagian dari, Informasi Rahasia Penyedia. Pengguna Akhir dengan ini mengakui bahwa pengungkapan atau penggunaan Perangkat Lunak yang tidak sah dapat menyebabkan kerugian langsung yang tidak dapat diperbaiki dan Penyedia memiliki hak untuk mencari dan mendapatkan bantuan tambahan awal dan final untuk menegakkan EULA ini dan mengakhiri kemampuan Pengguna Akhir untuk menggunakan Perangkat Lunak dalam kasus apa pun, di samping hak dan upaya hukum lain yang mungkin tersedia untuk Penyedia.

3. Hak Kekayaan Intelektual - Pengguna Akhir hanya memperoleh hak untuk menggunakan Perangkat Lunak, dan semua hak kekayaan intelektual dalam Perangkat Lunak dan semua turunannya akan tetap dimiliki oleh Penyedia. Pengguna Akhir dapat membuat satu salinan Perangkat Lunak yang identik hanya untuk tujuan arsip atau cadangan. Pengguna Akhir tidak boleh menyalin semua atau sebagian dari Perangkat Lunak. Pengguna Akhir harus menyimpan catatan yang akurat dan terkini mengenai jumlah dan lokasi semua salinan Perangkat Lunak, dan melakukan langkah-langkah keamanan yang memadai untuk melindungi Perangkat Lunak dari akses atau penggunaan yang tidak sah.

4. Bantuan Teknis - Tidak ada bantuan teknis yang dapat ditujukan kepada Penyedia. Tidak ada satupun dalam EULA ini yang mengharuskan Penyedia untuk membuat atau menyampaikan setiap pembaruan, atau memberikan bantuan teknis secara langsung kepada Pengguna Akhir, dan Penyedia tidak membuat pernyataan atau jaminan mengenai setiap pembaruan. Setiap Pembaruan harus dilisensikan dengan ketentuan yang sama dengan sebagaimana Perangkat Lunak dilisensikan kepada Pengguna Akhir berdasarkan EULA ini.

5. Jaminan – SAMPAI DENGAN BATAS MAKSIMUM YANG DIIZINKAN OLEH HUKUM YANG BERLAKU, PENYEDIA TIDAK MEMBERIKAN JAMINAN APAPUN BAIK TERSURAT DAN TERSIRAT MENGENAI PERANGKAT LUNAK DAN DOKUMENTASINYA, TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS KEPADA JAMINAN DAGANG, KEMAMPUAN UNTUK MELANGSUNGKAN TUJUAN, HAK MILIK ATAU TIDAK TERDAPATNYA PELANGGARAN TERTENTU, KECUALI DAN HANYA UNTUK JAMINAN BAHWA PERANGKAT LUNAK AKAN MEMENUHI KETENTUAN DOKUMENTASI YANG DISEDIAKAN OLEH LISENSOR SECARA MATERIAL. Penyedia tidak akan bertanggung jawab atas pernyataan yang dibuat oleh siapa pun mengenai kecukupan atau kesesuaian Perangkat Lunak dalam aplikasi apa pun.

6. Tanggung Jawab - SAMPAI BATAS MAKSIMUM YANG DIIZINKAN DI BAWAH HUKUM YANG BERLAKU, PENYEDIA TIDAK AKAN BERTANGGUNG JAWAB KEPADA PENGGUNA ATAS SETIAP KERUSAKAN LANGSUNG, HILANGNYA KEUNTUNGAN, LABA, DATA, REPUTASI ATAU GOODWILL, UNTUK SETIAP KERUSAKAN TIDAK LANGSUNG, INSIDENTAL, KONSEKUENSIAL, KHUSUS ATAU PUNITIF UNTUK SETIAP MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN PERANGKAT LUNAK, BAIK KEWAJIBAN TERSEBUT BERDASARKAN KONTRAK, HUKUM (TERMASUK NAMUN TIDAK TERBATAS PADA KELALAIAN ATAU KEWAJIBAN PERTANGGUNGJAWAB) ATAU HAL LAINNYA DAN BAHKAN JIKA ADA PEMBERITAHUAN ADANYA KEMUNGKINAN KERUSAKAN TERSEBUT. MESKIPUN DEMIKIAN, JIKA PENYEDIA DITEMUKAN SECARA LANGSUNG BERTANGGUNG JAWAB ATAS KERUSAKAN TERHADAP PENGGUNA AKHIR, TOTAL TANGGUNG JAWAB PENYEDIA YANG BERKAITAN DENGAN “EULA” INI TIDAK AKAN MELEBIHI JUMLAH BIAYA YANG DIBAYAR PENGGUNA AKHIR UNTUK PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK. KEBERADAAN LEBIH DARI SATU KLAIM TIDAK AKAN MENINGKATKAN BATASAN DIATAS.